Thursday, December 15, 2016

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Terbaik di Indonesia

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan-PT. Pertamina memberikan kabar gembira dengan menawarkan solusi bahan bakar berkualitas kepada pencita lingkungan. Seperti yang kita tahu, para Aktivis Lingkungan sudah berulang kali memperingatkan manusia tentang bahaya polusi bagi kesehatan. Namun tidak banyak diantara kita yang menyadari bahwa apa yang diteriakkan oleh aktivis lingkungan tersebut adalah sesuatu yang nyata yang sebenarnya sedang mengancam kehidupan di bumi. Tidak hanya manusia yang merasakan dampak langsung dari polusi, melainkan tumbuhan, hewan, hingga bumi itu sendiri juga merasakan dampaknya.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Terbaik di Indonesia

Bagi manusia, dampak paling parah yang dirasakan adalah gangguan kesehatan berupa gangguan pernapasan, seperti radang paru-paru misalnya. Dampak paling parah biasanya dirasakan oleh penderita asma, dimana asma mereka akan sering kambuh. Gejala yang lain yang biasanya timbul adalah batuk-batuk, mudah stress dan mudah marah-marah.

Tidak hanya berdampak pada organ internal tubuh kita, polusi juga berdampak pada bagian eksternal tubuh kita. Polusi bias menyebabkan kulit mudah keriput, mudah mengalami penuaan, terlihat kusam, timbul flek hitam, elastisitasnya menurun. Dan, yang lebih parah, polusi bias menyebabkan kanker kulit.

Apa penyebab polusi?


Salah satu penyebab polusi adalah kendaraan bermotor yang mengeluarkan sisa hasil pembakaran tidak sempurna melalui knalpot. Pembakaran tidak sempurna yang terjadi pada mesin diakibatkan karena penggunaan bahan bakar (BBM) yang tidak berkualitas. Untuk itu, bagi siapapun yang concern terhadap kesehatan, peduli dengan lingkungan, dan ingin memberikan tempat (bumi) yang lebih baik bagi anak cucu di masa yang akan datang, maka mereka wajib beralih dari menggunakan bahan bakar yang tidak berkualitas ke BBM ramah lingkungan yang berkualitas.

Pertamina sebagai distributor terbesar BBM berkualitas di Indonesia memiliki beberapa opsi yang bias dipilih untuk dijadikan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor yang kita gunakan sehari-hari seperti sepeda motor, kendaraan roda empat, hingga kendaraan-kendaraan multi-purpose lainnya.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Terbaik di Indonesia

Pilihan bahan bakar yang ditawarkan cukup beragam. Selain bias menggunakan Pertamax yang kualitasnya tidak diragukan, saat ini Pertamina juga sudah mengeluarkan Pertalite yang kualitasnya berada diatas premium namun masih berada di bawah Pertamax. 

Pertalite sendiri bias menjadi opsi tepat bahan bakar berkualitas untuk mengurangi dampak polusi pada lingkungan karena BBM ini memiliki level RON 90. Lebih baik dibandingkan dengan Premium yang RON-nya masih berada di level 88.

Berbagai keunggulan menggunakan BBM berkualitas
  1. BBM Berkualitas ramah lingkungan karena didalamnya tidak terkandung besi atau mangan (timbal) yang berbahaya bagi lingkungan.
  2. Kandungan sulfur yang terdapat di dalam BBM berkualitas seperti Pertalite atau Pertamax jauh lebih rendah dibandingkan dengan standar kandungan sulfur yang ditetapkan oleh pemerintah. Pertalite misalnya, hanya memiliki kandungan sulfur 180 ppm, jauh lebih rendah dibandingkan dengan standar pemerintah (max 500 ppm).
  3. Menggunakan BBM oktan tinggi harga terjangkau seperti Pertamax atau Pertalite akan membuat performa mesin meningkat. Kendaraan akan lebih responsif, memiliki kecepatan yang lebih baik, dan tarikannya pun jadi enteng.
  4. Mesin menjadi lebih awet karena kandungan oktan yang tinggi, yang sudah memenuhi syarat durability (ketahanan) tidak menimbulkan gangguan maupun kerusakan pada mesin. Sehingga kendaraan bias digunakan dalam jangka waktu yang jauh lebih lama.
  5. Di dalam BBM berkualitas, Pertamina juga memberikan tambahan Deterjen Aditif dan anti korosi yang bias membantu menghambat proses korosi atau pembentukan deposit di dalam mesin dengan cara memisahkan antara air dan BBM.
  6. Lebih ekonomis. Walaupun berharga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan bahan bakar berkualitas rendah, BBM berkualitas tinggi bias dikatakan jauh lebih ekonomis mengingat performa yang dihasilkan lebih baik, jarak tempuh yang diberikan lebih jauh, kemampuannya dalam menjaga mesin agar tetap awet juga lebih mumpuni. Sehingga, penggunaan BBM berkualitas akan mengurangi biaya servis, biaya pembelian BBM, hingga yang paling penting bias membantu mengurangi polusi udara.
  7. Pertalite merupakan opsi murah BBM berkualitas yang bias dijangkau oleh masyarakat Indonesia terutama yang ekonominya masih berada di kelas menengah ke bawah. Harga Pertalite di Pulau Jawa sekitar Rp 6.900 per liter. Sedangkan di luar Pulau jawa harganya sangat bervariasi mulai dari Rp 6.900 hingga Rp7.300
Polusi juga berdampak tidak hanya pada manusia

Untuk meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya mengurangi polusi melalui kendaraan bermotor dengan menggunakan bahan bakar minyak yang baik untuk kendaraan, kita juga harus tahu bahwa polusi yang diakibatkan oleh sisa pembuangan kendaraan bermotor tidak hanya menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia melainkan dapat juga menyebabkan gangguan pada tumbuh-tumbuhan, dimana tumbuh-tumbuhan akan mengalami gangguan saat melakukan proses fotosintesis. 

Dampak polusi yang lainnya bagi bumi adalah lapisan ozon akan semakin menipis. Ozon yang terus-menerus menipis menyebabkan bumi terasa semakin panas. Dampak yang paling mengerikan, lapisan ozon yang tipis di atmosfe rmenyebabkan penyakit kanker kulit dan katarak pada manusia meningkat. Tanaman-tanaman pangan tertentu bias rusak. Di laut, Plankton yang menjadi makanan utama berbagai biota laut (ikan-ikan) juga semakin berkurang karena meningkatnya karbondioksida yang diakibatkan lapisan ozon yang tipis.

Jika melihat berbagai dampak polusi di atas, maka langkah yang diambil oleh Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan untuk kendaraan bermotor seperti Pertalite yang berharga terjangkau, sudah pasti memudahkan kita sebagai bagian dari bumi ini untuk berkontribusi mengurangi polusi, sekaligus untuk menjaga agar bumi tetap ideal sebagai tempat tinggal manusia. Jangan lupa untuk selalu menjaga dan memakai produk dari Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan.