Monday, May 23, 2016

Universitas Terbaik Di Jakarta

Universitas Terbaik Di Jakarta- Jakarta merupakan Ibu kota Republik Indonesia dengan segudang masalah yang tidak dapat dilepaskan dari masalah nasional secara keseluruhan bahkan menjadi bagian dari masalah nasional, namun Jakarta mempunyai potensi untuk menjadi kota kelas dunia dan menjadi pusat bisnis masa depan dalam waktu satu hingga dua dekade yang akan datang. Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), pendidikanlah menjadi salah satu faktor penentu kemajuan bangsa. Berbicara mengenai pendidikan, Ki Hadjar Dewantara seorang penggagas semboyan pendidikan Indonesia "Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani" yang menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia dan menjadi logo pendidikan kita.

Mercubuana Universitas Terbaik Di Jakarta

Kota Jakarta yang saat ini sebagai pusat perekonomian dan pusat pemerintahan juga memeliki peranan kuat dalam pendidikan, Banyak sekali Universitas yang berdiri di Ibu Kota, bahkan semakin banyak saja Universitas baru yang berdiri di kota metropolitan Jakarta. Salah satunya adalah Universitas Mercu Buana Jakarta yang merupakan Universitas yang didirikan berazaskan pada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan tujuan pendidikan untuk turut mencerdaskan kehidupan usaha pembangunan dalam mencapai kesejahteraan rakyat Indonesia. Universitas Mercu Buana menyelenggarakan sistem studi yang lebih berorientasi pada pengembangan sikap profesional, dengan menggunakan kurikulum dan silabi yang telah ditentukan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan didukung dengan kegiatan penelitian dan praktek kerja nyata di berbagai perusahaan atau instalasi pemerintah/swasta.
Logo Tut Wuri Handayani Universitas Terbaik Di Jakarta

Sekilas Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana Jakarta didirikan oleh Bapak H. Probosutedjo (Ketua Menara Bhakti Yayasan / Pendiri Universitas Mercu Buana), pada 22 Oktober 1985, dimulai dengan hanya 118 siswa. Pada tahun akademik 2014 - 2015 universitas menyambut 25.000 siswa aktif di 23 program. 2 program Diploma, 16 program sarjana dan 5 program pasca sarjana. Semua program telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Republik Indonesia. Universitas Mercu Buana dianggap salah satu universitas swasta terkemuka di Jakarta, Indonesia.

Filosofis makna Mercu Buana

Kata Mercu Buana berasal dari kata "Mercu" berarti menara mercusuar dan "Buana" berarti bumi. Menara ini menunjukkan bangunan yang kuat yang berfungsi sebagai mercusuar, sedangkan kata "Buana" adalah simbol dari masyarakat atau orang-orang.

Hal ini intrinsik disebutkan pada simbol bahwa Universitas Mercu Buana akan menjadi universitas terkemuka yang membawa manfaat bagi bangsa dalam mencapai masyarakat yang sejahtera dan dimaksudkan sebagai menyatakan pada ideologi Indonesia, Pancasila.

Arti Mercu Buana Logo

Logo Mercu Buana adalah dengan kekuatan api itu terdiri dari tiga divisi. Ini merupakan tiga filosofi dasar pendidikan tinggi di Indonesia, pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Filsafat pendidikan diwakili oleh api tengah, sementara filosofi penelitian dan layanan komunitas ditunjukkan berturut-turut oleh api kanan dan kiri.

AKADEMIK UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA

1. Fakultas Desain Dan Seni Kreatif (FDSK)
  • Desain Interior (S1)
  • Desain Produk (S1)
  • Komunikasi Visual (S1)
2.  Fakultas Teknik (FT)
  • Teknik Mesin (S1)
  •  Teknik Elektro (S1), (S2)
  • Teknik Industri (S1), (S2)
  • Teknik Sipil (S1)
  • Teknik Arsitektur (S1)
 3. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB)
  • Manajemen (D3), (S1), (S2)
  • Akuntansi (D3), (S1), (S2)
  • Pendidikan Profesi Akuntansi (Profesi)
4. Fakultas Ilmu Komunikasi(FIKOM)
  • Broadcasting (Penyiar) (S1)
  • Public Relation (Hubungan Masyarakat) (S1)
  • Periklanan dan Komunikasi pemasaran (S1)
  • Ilmu Komunikasi (S2)
5. Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM)
  • Teknik Informatika (S1)
  • Sistem Informasi  (S1)
6. Fakultas Psikologi
  • Jurusan Psikologi (S1)
Itulah beberapa Fakultas dan jurusan yang ada pada Universitas Mercu Buana Jakarta yang siap bersaing dalam era penerapan masyarakat ekonomi ASEAN atau lebih dikenal MEA. Sebuah komitmen lintas negara untuk bersama memperbaiki tatanan ekonomi sehingga mencapai kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Tentunya kita patut optimis melalui MEA inilah berbagai peluang perbaikan bisa terwujud.

Mercu Buana Universitas Terbaik Di Jakarta

Dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin berkembang dengan pesat serta pemanfaatan teknologi informasi di bidang pendidikan mulai dari TK hingga perguruan tinggi. Mulai dari proses Penerimaan siswa hingga ujian akhir ini sudah menjadi penerapan dan keharusan, karena selain menghemat waktu dan tenaga, kemungkinan terjadinya human error juga sangat kecil. Dengan adanya Informasi Teknologi Dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM yang mampu bersaing di MEA, Universitas Mercu Buana Jakarta siapkan upaya dalam banyak hal seperti :
  1. Memberlakukan kurikulum berbasis KKNI sejak tahun lalu. KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan diberbagai sektor. Dalam Kebijakan KKNI terdapat 9 jenjang kualifikasi, untuk mencapai jenjang kualifikasi, melalui 4 jalur yaitu otodidak, industri (pengalaman kerja), pendidikan dan sertifikasi profesi. Dengan KKNI, kompetensi seseorang tidak lagi dilihat dari ijazah tapi berdasarkan capaian pembelajaran yang kemudian dikualifikasikan sebagai pengakuan terhadap hasil pembelajaran tenaga kerja.
  2. Memberlakukan prasyarat lulus memiliki 8 sertifikat termasuk sertifikasi profesi, 
  3. Memberlakukan SKPI, 
  4. Mengadakan magang dan kerjasama dengan industry baik di dalam negeri dan luar negeri, serta 
  5. Mewajibkan kemampuan bahasa asing terutama bahasa Inggris, Jepang dan Mandarin. 
Berbicara mengenai kualitas SDM, maka pendidikan tidak hanya sekedar transfer of knowledge. Pendidikan harus menghasilkan Knowledge, Skills dan Behavior yang sesuai dengan kebutuhan industry tenaga kerja. Proses demikian tidak dapat dilakukan dengan instan. Para insan pendidik harus bisa menjadi mentor dan motivator sekalian alih ilmu dan keterampilan. Kompetensi SDM yang dirancang juga sebagai respon terhadap tumbuhnya perguruan tinggi lain yang patut menjadi perhatian bersama.

Universitas Terbaik Di Jakarta

Dalam mengawali tahun 2016 ini, tetap kita tingkatkan kinerja dan kompetensi masing-masing SDM, baik sebagai dosen, karyawan maupun pimpinan. Beberapa capaian yang sudah kita raih diantaranya :
  1. Dalam aspek pembelajaran melalui program E-learning para dosen pengampu perkuliahan E-learning telah berkinerja baik.
  2. UMB terus menerus meningkatkan kualitasnya, melalui pengiriman tugas belajar dosen pada jenjang S3 di dalam dan luar negeri.
  3. Sepanjang tahun 2015 sejumlah prestasi berhasil diukir mahasiswa. Dari data tercatat sebanyak 39 kompetisi dan kegiatan ilmiah yang berskala nasional dan internasional melibatkan mahasiswa Universitas Mercu Buana.  Dengan total keterlibatan lebih dari 165 mahasiswa dari berbagai fakultas. Prestasi mahasiswa tersebut baik dari aspek pembelajaran meliputi kontes robot, desain logo, teknik, software, arsitek, marketing plan, video kreatif dan landmark. Sedangkan dari sisi non pembelajaran meliputi prestasi UKM Paduan Suara, Bela Diri (Taekwondo dan Karate), pengiriman duta UMB ke Thailand, United Nations, USM Penang, Kopertis, Generasi Berencana dan dekorasi Booth Creative, dosen berprestasi pada 2015 yakni Prof. Dr. Ing Mudrik Alaydrus meraih Peringkat Ketiga Dosen Berprestasi PTS Kopertis Wilayah III Tahun 2015.
  4. Sedangkan untuk Internasionalisasi telah diselenggarakan kelas internasional yang terdiri dari FEB dan Fasilkom.
  5. Mengakhiri 2015, UMB telah bertabur prestasi, kinerja dan tidak lupa bonus yang ditujukan untuk Struktural Dekan, Wakil Dekan dan Program Studi. Walaupun dari hasil evaluasi masih terdapat Fakultas dan Program Studi yang berkinerja standar dan perlu perbaikan. Diharapkan pada tahun 2016 nanti masing-masing Fakultas dan Program Studi dapat meningkatkan kinerjanya baik akademis dan non akademis.
Sebagai bukti keseriusan UMB dalam mengelola proses pembelajaran, pada Tahun Akademik 2015/2016 ini, telah memperoleh nilai akreditasi A dari BAN PT untuk Prodi Ilmu Komunikasi UMB. Sekaligus diinformasikan bahwa ijin program studi S2 untuk Teknik Sipil sudah dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Universitas Terbaik Di Jakarta

Mercu Buana a World Class University

Adapun Visi dari Universitas Mercu Buana adalah “Menjadi Universitas Unggul dan Terkemuka untuk Menghasilkan Tenaga Professional yang Memenuhi Kebutuhan Industri dan Masyarakat dalam Persaingan Global.”

Misi Universitas Mercu Buana
  1. Menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, dan mencapai  keunggulan akademik untuk menghasilkan tenaga professional dan lulusan yang memenuhi standar kualitas kerja yang disyaratkan pada tahun 2019.
  2. Menerapkan manajemen pendidikan tinggi yang efektif dan efisien, dan mengembangkan jaringan dan kerjasama internasional dengan industri dan kemitraan yang berkelanjutan.
  3. Mengembangkan kompetensi dan menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan & etika profesional kepada para mahasiswa dan staf yang memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas alumni sebagai wirausaha 2,5 % pada tahun 2019.
 Budaya Kerja Universitas Mercu Buana
  1. Jujur yaitu keselarasan antara perkataan dan tindakan sesuai ketentuan yang berlaku. Bagi dosen tidak melakukan plagiarisme serta bagi mahasiswa tidak mencontek saat ujian.
  2. Disiplin yaitu kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan ketetapan yang berlaku. Bagi dosen dan mahasiswa berupa tidak terlambat melaksanakan perkuliahan.
  3. Tanggungjawab berupa kesadaran dan kemauan untuk melakukan dan menanggung resiko dari pekerjaan. Bagi dosen melaksanakan tridharma terkait dengan kinerja dosen dan bagi mahasiswa mengumpulkan tugas tepat waktu.
  4. Kreatif yaitu keyakinan dan kemauan terus menerus untuk meningkatkan kinerja. Bagi dosen dan mahasiswa selalu berupaya menemukan cara baru.
  5. Kearifan lokal yaitu memasukkan budaya lokal di dalam menyelesaikan tugas, tanggungjawab, dan berkomunikasi. Bagi dosen dan mahasiswa berpakaian batik sesuai waktu ditentukan dan melakukan penelitian sesuai keunggulan lokalitas.
  6. Ramah Lingkungan yaitu kesadaran dan peran serta menjaga lingkungan, meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari penggunaan energi. Bagi dosen dan mahasiswa berupa tertib membuang sampah, kampus hijau dan hemat listrik serta alat tulis kantor.
KERJA SAMA UNIVERSITAS MERCU BUANA DENGAN UNIVERSITAS DARI LUAR NEGERI

Dalam pindah ke Universitas Kelas Dunia, MBU telah merespon positif terhadap perubahan dinamis dalam kompetisi pendidikan tinggi yang parah. Kemajuan yang dicapai oleh MBU pada dekade ketiga telah menunjukkan perkembangan yang signifikan, baik dalam lingkungan akademik MBU serta dalam kerjasama internasional dengan Lembaga Pendidikan Tinggi asing. Kerjasama tersebut didirikan antara universitas dari China, Malaysia, Eropa, Australia, Korea, Thailand, Uni Emirat Arab dan Jepang.
  1. Guangxi University Of Technology Liuzhou China
  2. Beijing Institute Of Technology China
  3. Guangxi Normal University Guillin China
  4. Geomatika College Kuala Lumpur Malaysia
  5. Universiti Sains Malaysia
  6. Universiti Selangor Malaysia
  7. Universiti Tun Husein Onn Malaysia
  8. National Institute of Information Technology (NIIT) India
  9. Zhejiang Sci-Tech University
  10. Bohai University China
  11. Universiti Malaysia Sabah
  12. International University - Phnom Penh Kamboja
  13. Guangdong University of Education China
  14. Spiru Haret University Bucharest Romania  
  15. Bahrain Institute of Banking and Finance (BIBF)
  16. Universite Paris 8
  17. Centre of Euro - Indonesian CEIC (OREL, Russian Federation)
  18. Sung Kyun Kwan University Korea
  19. Bursa Orhangazi Üniversitesi
  20. Humboldt State University
  21. California State University, Long Beach
  22. Dong-Ah Institute of Media and Arts
  23. Budapest Business School
  24. Chienkuo Technology University
  25. Global Cyber University
  26. Rangsit University
  27. Universidad Catolica San Antonio De Murcia
  28. Tokai University
  29. Study California
  30. The California State University System, Golden Shore, Long Beach 
  31. The Manila Times College
Kerjasama Internasional akan memungkinkan siswa untuk terkena ke lingkungan global melalui pertukaran mahasiswa. Mengundang dosen asing dengan keahlian kelas dunia akan memfasilitasi pengembangan siswa MBU menjadi profesional yang berkualitas global. Sementara lebar array dari bisnis dan kerjasama industri nasional maupun internasional, akan memungkinkan magang kualitas, laba kredit, twinning dan program gelar ganda bagi mahasiswa dari fakultas yang berbeda pada MBU. program internasional yang dikelola oleh Kantor Internasional dari Universitas Mercu Buana.

anggota multi-nasional pengajaran fakultas, lembaga akademik bermitra, serta pertukaran pelajar, atau mahasiswa MBU yang akan melanjutkan studi lebih lanjut ke luar negeri di lembaga mitra, akan diambil bypartner perawatan internasional staf Kantor Internasional MBU.

Kewirausahaan telah menjadi semangat MBU sejak berdirinya universitas swasta ini. Oleh karena itu, lulusan diharapkan untuk menjadi pengusaha sukses atau profesional manajerial yang berkualitas dalam bisnis dan industri. Universitas Mercu Buana Entrepreneurship Center bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Menengah Nasional Kecil Pengusaha Center menyediakan siswa dengan modal bagi siswa untuk menjadi entrepreneur.

Dalam proses memungkinkan siswa untuk memulai memiliki bisnis mereka sendiri, meskipun mereka masih mengejar studi mereka, MBU menyediakan laboratorium hidup untuk mendorong siswa untuk mulai melakukan bisnis mereka sendiri. Pendanaan bisnis yang didukung oleh lembaga keuangan bekerja sama, sehingga visi Pendiri MBU dan Anggota Tim Manajemen adalah untuk menciptakan para pengusaha bisa menjadi cara memberantas kemiskinan di Indonesia, yang merupakan salah satu tujuan MBU.

Universitas Mercu Buana berkomitmen untuk menjadi Universitas Terbaik Di Jakarta dengan pengakuan global, badan internasional dari mahasiswa, staf dan kemitraan yang sukses dalam penelitian dan pendidikan info lebih lanjut bisa kunjungi website Universitas Mercu Buana di http://www.mercubuana.ac.id.

0 comments

Post a Comment